Wednesday , February 1 2023
Pahami 5 Tips Membeli VGA Bekas, Jangan Lupa Perhatikan Garansinya

Pahami 5 Tips Membeli VGA Bekas, Jangan Lupa Perhatikan Garansinya

Dalam sistem komputasi, prosesor grafis dapat dilayani oleh kartu grafis atau perangkat VGA, dan output prosesor ini akan ditransmisikan ke tampilan visual.

Komponen ini ditemukan di komputer tipe PC dan hadir dalam berbagai model, bentuk, jenis, merek, dan titik harga. Karena ada begitu banyak pilihan yang tersedia, calon pembeli komponen ini sering merasa bingung karena ada begitu banyak barang di pasaran.

Faktanya, ada banyak orang yang memiliki PC dan senang berburu VGA bekas atau bekas. VGA bekas bisa memiliki daya tahan yang tidak kalah dengan barang baru, selain memiliki harga yang jauh lebih rendah.

Oleh karena itu, apa saja cara dan petunjuk untuk menghindari kehilangan uang saat membeli VGA bekas? Jika Anda mencari VGA bekas, pastikan untuk membaca posting ini secara keseluruhan.

Tips Membeli VGA Bekas Berkualitas

1. Pastikan Anda memperhatikan berapa umur VGA yang dijual

Usia produk kartu grafis yang akan diperoleh menjadi faktor utama yang perlu diperhatikan. Menurut artikel di situs web Direktur CG, masa pakai VGA atau kartu grafis biasanya antara lima dan delapan tahun (penggunaan normal). Bahkan ada barang yang memiliki umur lebih dari sepuluh tahun. Anda harus dapat memperkirakan berapa lama lagi Anda akan membutuhkan VGA kedua jika Anda menggunakan tolok ukur ini sebagai titik awal.

Artikel Terkait:  Kenali Apa Penyebab Performa Laptop Jadi Lambat dan Cara Untuk Mengatasinya

Oleh karena itu, jika Anda tertarik untuk membeli VGA bekas di tahun 2023, sebaiknya pilih produk yang paling lama tidak lebih dari tiga atau empat tahun. Dengan kata lain, VGA bekas yang akan diperkenalkan pada 2019 dan 2020 layak dipertimbangkan karena masih ada waktu untuk beberapa tahun berikutnya. Ada beberapa produk VGA berbeda yang dirilis pada tahun 2019, termasuk NVIDIA GTX 1630, 1660, dan 1650 Super, serta AMD RX 5500 dan RX 5600.

2. Cari yang masih menyisakan garansi atau jaminan

Durasi khas masa garansi untuk VGA yang baru dibeli yang berasal dari merek terkemuka adalah antara dua dan tiga tahun. Jika Anda ingin membeli VGA bekas, Anda harus mencari produk yang masih memiliki jaminan, meskipun untuk waktu yang singkat (beberapa bulan, misalnya). Produk untuk kartu grafis yang masih dicakup oleh garansi pabrikannya biasanya dapat digunakan secara maksimal meskipun masa garansi belum berakhir.

Lalu, apa jadinya jika VGA lama yang akan dibeli tidak dijamin resmi lagi? Anda memiliki opsi untuk meminta garansi pribadi, yang seringkali hanya mencakup beberapa hari atau minggu tertentu. Sejauh memungkinkan, belilah barang bekas dari individu atau bisnis di mana Anda memiliki keyakinan penuh pada kebenarannya.

3. Bisa Bedakan VGA bekas pemakaian gaming dengan mining

Kartu grafis yang telah digunakan dalam penambangan sering dikecualikan dari pertimbangan sebagai opsi pembelian potensial. Alasan untuk ini adalah karena penambangan itu sendiri adalah proses pemecahan teka-teki matematika yang memerlukan penggunaan sistem komputasi canggih untuk mendapatkan keuntungan ganda. Kinerja perangkat keras komputer akan dituntut untuk menjadi sangat tinggi dan berkelanjutan selama proses ini, yang sangat disayangkan.

Artikel Terkait:  Sebelum Anda Membeli PC Gaming yang Sudah Dirakit, Anda Harus Memikirkan 5 Pertimbangan Penting Ini

Meskipun demikian, ada penurunan baru-baru ini dalam aktivitas penambangan di seluruh dunia. Menurut laman Arstechnia, tren global terhadap aktivitas penambangan yang lebih sedikit benar-benar merupakan hal yang baik bagi calon konsumen perangkat keras VGA. Ini adalah sesuatu yang harus Anda ketahui.

Penurunan harga VGA, baik baru maupun lama, terkait erat dengan fenomena ini. Untuk membuat keputusan yang tepat, Anda harus memperhatikan dengan seksama sekarang. Pilih kartu grafis untuk bermain game daripada kartu yang sebelumnya digunakan untuk menambang.

4. Cek kondisi fisiknya VGA tersebut

Dalam kebanyakan kasus, orang dapat mengetahui apakah kartu grafis masih berfungsi dengan baik hanya berdasarkan penampilan luarnya. Ya, kondisi fisik produk menjadi pertimbangan penting untuk dilakukan saat memilih VGA kedua.

Ini mengacu pada eksterior produk. VGA yang telah rusak secara fisik dengan cara apa pun, seperti mengalami patah tulang, patah, bekas leleh, bekas terbakar, atau sambungan yang telah tergores atau terdistorsi, tidak boleh diterima.

Keadaan VGA, baik secara internal maupun di luar, memberikan indikasi tidak langsung tentang bagaimana pemiliknya menangani harta miliknya. Secara umum, pemilik yang peduli dengan komputer mereka akan selalu konsisten memelihara dan membersihkan komponen komputer mereka.

Kinerja VGA akan sangat terhambat jika mengalami kerusakan fisik atau jika menjadi najis. Meskipun ini tidak menutup kemungkinan, item yang dimaksud bahkan tidak dapat digunakan dengan cara apa pun.

5. Waspada terhadap VGA palsu

Ada banyak situasi di mana pelanggan akhirnya membeli barang palsu atau VGA palsu. Jenis VGA palsu ini biasanya akan memiliki tampilan VGA asli kelas atas di bagian luar, tetapi di bagian dalam, perangkat akan menggunakan komponen kuno yang biasanya terlihat di kartu grafis lama. Konsol video game ini memiliki sejumlah fitur pembeda, salah satunya adalah harga yang sangat murah. Dalam kebanyakan kasus, vendor yang menjual VGA tidak ingin perangkat diuji sebelum dijual.

Artikel Terkait:  Kenali Apa Penyebab Performa Laptop Jadi Lambat dan Cara Untuk Mengatasinya

Penggunaan software seperti TechpowerUp GPU-Z dan 3DMark merupakan salah satu metode yang mampu mendeteksi kartu VGA palsu dengan sangat efektif. Kedua perangkat lunak akan melakukan pemindaian menyeluruh terhadap VGA dan mengungkapkan informasi tentang jenis, model, kelas GPU, dan kinerja maksimumnya. Sebagai hasil dari fakta bahwa tidak ada komponen VGA palsu yang dapat dibaca dengan benar, VGA palsu akan diidentifikasi seperti itu.

Penutup

Sulit dan mudah untuk memilih VGA bekas yang layak saat Anda berbelanja untuk VGA tersebut. Anda dapat mengurangi risiko penipuan dengan membatasi belanja Anda untuk bisnis atau individu terkemuka.

Anda akan keluar di depan jika Anda mengawasi detail dan memperhatikan setiap aspek transaksi, karena VGA yang Anda dapatkan akan berkualitas tinggi meskipun biayanya rendah.

Check Also

Investasi Jangka Panjang Bagi Milenial

Mengetahui Beberapa Tips dan 3 Investasi Jangka Panjang Bagi Milenial, Mudah Untuk Dilakukan!

Investasi Jangka Panjang Bagi Milenial – Milenial biasanya distereotipkan sebagai generasi yang menghargai kemudahan hidup …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *